Kamis, 19 Juni 2008

Sejarah "why must Pudding?"


Dulu waktu kecil Aq sangat hobi membuat kue-kue dan puding, waktu smp (di PENABUR), Aq masuk ketrampilan TATA BOGA, dan pada kelas 3 SMP ada ujian, dan Aq mendapat ujiannya membuat pudding,
lucunya wkt itu membuat puding lapis (niat-an aku) , ternyata ada kesalahan teknis sedikit..membuat Aq berpikir, baiknya Aq jadikan saja marmer..jadilah nama baru yang Aq buat sendiri "puding marmer leci" dan lucunya mendapat nilai A dari guruku..he.he..

waktu kuliah, Aq ingin sekali membuat mama Aq minum susu.kemudian Aq berpikir bagaimana caranya??
diawali karena Aq ingin "menipu" mama Aq sendiri untuk minum susu...
karena mama Aq sendiri sangat tidak menyukai susu, dan pertimbangan Aq,mama Aq sudah cukup umur..dan Aq takut osteoporosis..
maka dari itu Aq coba2 membuat pudding ini, dengan memberikan "susu tinggi kalsium" di dalamnya..
dan ternyata mamaku sangat menyukai puding ini, bahkan tidak berasa "susu-nya" katanya.
walaupun susunya sangat banyak Aq berikan.
sekeluarga sangat sekali menyukainya..dulu bentuk tampilan pudingnya belum spt ini, masih sangat sederhana..
tapi setiap kali saya ada waktu, Aq sempatkan membuat..dalam wkt 1/2 hari puding 1 loyang besar sudah habis...
Aq terus melakukan trial and error..dari tahun ke tahun..untuk terus menyempurnakan bentuk dari puding ini..
sampai salah seorang temanku, berkata "mengapa tidak engkau jual saja pudingnya..rasanya sangat enak..dan Aku pikir pasti akan laku di pasaran!!"

1 tahun kemudian..Aku mencoba jual kecil2an..daerah sekitar atau teman teman sekitar, yang pernah mencicipi puding tsbt, sehingga mereka memang ingin membeli..dahulu belum pernah Aq "berikan harga", lambat laun saya coba berikan "harga". dimulai dari tahun 2002, tepatnya sudah mulai dijalankan kecil2an..dari mulut ke mulut, dari teman-teman yang suka memberikan bingkisan yang lain daripada yang lain..
customer2 aku banyak sekali bilang, "kalau kue tart melulu kan sudah biasa, dan berlemak pula...takut kolesterol, jadi Aku pikir pudding ini lucu"
jujur Aku blm pernah terpikir tanggapan customer demi customer begitu banyak yang sama..
kalau mereka ingin mencari sesuatu produk yg unik dan sehat.

Mengapa PUDDING? Memang sepertinya usaha ini sangat kurang menguntungkan krn sifatnya yang tidak awet dan sangat rentan hancur..membuat proses pengirimannya pun sangat sulit.apalagi ke daerah yang sangat jauh.

Pudding??? karena Aq juga berpikir , karena “rumput laut “ itu kaya serat, baik untuk pencernaan, bisa menurunkan kadar kolesterol, bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, hipertensi serta diabetes melitus. (hasil penelitian dari Prof.D.R.Made Astawan, dosen Teknologi Pangan dan Gizi IPB)

Tapi memang pudding sangat susah untuk menjualnya..”image Pudding” di masyrakat adalah kurang baik..dengan biasa mereka makan pudding itu sangat plain dan biasa banget, dan apa sih susahnya buat pudding sendiri?tinggal aduk2 pakai air ,masak, jadi deh..(kebanyakan org berpikir spt itu), dan satu lagi untuk pemasaran di Indonesia, sangatlah susah juga..karena pola pikir org Indonesia yang belum berpikir ke arah dessert, tidak seperti menjual Roti dan kue, sangatlah jauh lebih mudah..,pola pikir org Indonesia ,yang masih berpikir “keluar uang 5000, Cuma dpt pudding kecil, ga kenyang pula..mending uang 5000 dibelanjakan ketoprak atau gado-gado, yang membuat perut kenyang”

Dan memang selama ini customer-customer setia Aq, adalah golongan dari “Middle Up”, karena golongan middle up, mereka sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya dessert, dan mereka mulai ingin mencoba..”seberapa enak sih puddingnya?” kok bisa-bianya jadi spesialis pudding? Sedangkan untuk mencapai masyarakat lapisan bawah..ini agak sulit..karena mereka masih berpikir “dessert’ itu tidak penting..

2 komentar:

yisianita mengatakan...

Irennn, I love your story about "why must pudding?" It's so meaningful and very "airins" ehheehe I've known Irene for 7 years now, and the first time I taste her pudding, it feels so refreshing and make me want some more hahaa That's why I become your "regular" yach ;p

Well... I think your pudding represents your love and cares, how you preserve to make something healthy, and I can see how detailed you are in making your pudding, that's why it comes out so beautiful...

It's no doubt that I like the taste of your pudding, so yummyyyy, and it always gives me the feeling of freshness...

About the design, I think it's artistic, you always come out with new idea, to make something different, cute, beautiful kind of work. When the first time I ordered your big pudding, I was surprised because it's so beautiful, and not just that, it's also so delicious, did you know what is in my mind that time? I can't believe that I know someone that can really make artistic food that usually sold in hotels or showed on TV hehehe

You know what, when I thought you would come here, I had a dream, I really want to open a pudding shop with you, well... of course I'll leave the pudding stuff with you and I'll take care the others like the financial or marketing stuff hehee

Well... just wanna say, keep on the great work girl Gambatteee neeee, ciayouuuu ^_^

Kay mengatakan...

Gue blm baca secara keseluruhan mengenai sejarah airin's pudding soalnya kapanjangan n banyak banget hahaha

Tapi gue dah lumayan sering mengkonsumsi hasil karya tmn gue yg disebut Airin's Pudding dan ternyata sangat tidak mengecewakan alias enak bangeeettt... dengan efek positif yg gue rasakan sndiri memperlancar 'Nyetor Pagi' karna emang bs memperlancar pencernaan ^^

Mengenai dapur tmpat produksinya... dijamin hygine habis, mulai dr Gear nya smpe dngan bahan2nya smuanya dalam status milik sndiri dan bukan pinjaman hahaha Eh,mksdnya bahan2nya bener2 dipilih dr yg The Freshest of the Freshest. Dan peralatan tempurnya juga benar2 higenis dan dijamin bersih.

Gue kan dulu pernah nongkrong di dapur nya dan ditugasin kipasin puding yg msh panas secara manual ( dulu blm ada kipas listrik kl gak salah -.-" ) makanya gue mayan tau soal hygine nya Airin's Pudding. Tp minimal gue disogok mkn buah gratis ^^v ( victory kemenangan )

Buat yang blm pernah mencoba silahkan datang ke markas nya aj di dekat roxy ( gue gak ingat alamat lengkapnya ) Ok...

Ireeeeenn... Keep Going Yah
Good Luck...